'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
2444 Guru Semarakkan 100 tahun Aisyiyah Bustanul Athfal, di Gedung Serba Guna Petrokimia Gersik, Jawa Timur
07 Oktober 2019 12:56 WIB | dibaca 214

  

GRESIK - Luar biasa, 300 anak Paud ikut atraksi aklung semarakkan acara yang di gelar oleh Majelis Dikdasmen PWA Jatim, Ahad 5 Oktober 2019 di gedung Sasana Olah Raga Tri Dharma PT Petrokimia Gersik, dengan tema ''Seminar Nasional Milad 100 tahun Aisyiyah Bustanul Athfal'', sebuah tema yang membawa semangat membangun dan mempersiapkan Generasi Milinium dalam menghadapi era digital bagi anak-anak sejak usian Paud. 
 
Para hadirin yang umumnya para guru yang datang dari 38 kabupaten se Jatim, dikiuti para pimpinan Aisyiyah Jawa Timur, Pimpinan Aisyiyah Daera, Pimpinan Cabang. Dan tidak kalah pentingnya beberapa nara sumber, yang menyoroti tentang bagaimana perkembangan anak-anak dari sisi Agama Islam, sisi Phsikologis dan sisi Kesehatan. Hadir juga Direktur Pembinaan PAUD Kemdikbud, Dr Muhammad Hasbi, menggantikan Menteri Pendidikan RI. 
 
Dalam kesempatannya, Dirjen Paud Kemdikbud, berpesan bahwa beliau melihat begitu mengagumkan anak-anak sekarang, tetapi bagaimana megarahkan para generasi saat ini yang dia sebut sebagai generasi Y, dimana untuk melangkah mencapai sampai ke pada generasi Z tidak bisa meninggalkan Internet. Di awal-awal perkembangan, pertama melihat bagaimana perkembangan Industri yang berawal dari revolusi Industri seperti munculnya mesin uap, kemudian tahap kedua menginjak ke industri ke 2 yang mengarah ke pada kelistrikan. Semua merupakan perkemnagan teknologi yang harus di ikuti.
 
''Dari perkembangan tersebut yang terpenting sekarang ini bagaimana menciptakan bangsa Indoneisa ini sebagai Pemimpin bukan sebagai bangsa pengikut. Oleh karena itu, generasi seperti apakah yang harus dipersiapkan untuk generasi ke 4 ini ketika memasuki generasi 5 dan 6 nantinya,'' Kata Direktur Pembinaan Paud Kemdikbud, Dr Muhammad Hasbi.
 
Jadi menurut beliau penekannnya ketika membangun sebuah bangsa ada beberapa tahapan yang harus di penuhi diantaranya yaitu generasi yang dipersiapkan harus memiliki rasa Ke Indonesiaan yang kental, generasi yang mempunyai wawasan global, mempunyai keberagaman, budaya, geografis, agama dst.
 
Untuk itu dalam mempersipkan generasi harus di mulai sejak dari paud hingga perguruan tinggi, yang pertama pemahaman agama (religius) seperti apa, Contoh, Pesan Lukman kepada anaknya,'  Hai nakaku jangan kau mendurhakai Allah...karena dosa besar. Juga pesan lain untuk menjaga dirinya dan keluarga. Jadi Pesan di dalam Alquran sebagai pedoman. Kemudian bagaimana membangun rasa Nasionalisme dan ketiga bagaimana membangun kemandirian (bisa bersaing dengan negara lain), gotong royong dan integritas (meletakkan sesuatu yang benar walaupun semua orang didalamnya tidak melakukannua), dan masih banyak lagi tahapan-tahapan yang harus di pahamkan.
(Julianto)
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari