'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
program penanggulangan kebutaan karena katarak
10 Maret 2018 21:35 WIB | dibaca 448

Aisyiyah Membantu Membuka Jendela Dunia

Program Penanggulangan Kebutaan karena Katarak Majelis Kesehatan PWA Jatim

“Aisyiyah membantu membuka jendela dunia”, adalah tegline program penanggulangan kebutaan karena katarak yang dilaksanakan oleh Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah. Menurut dr. Shofi ketua Majelis Kesehatan program ini diawali dari kegelisahan beberapa kader tentang kasus kebutaan karena katarak. Selama ini belum banyak lembaga atau organisasi yang bergerak untuk menanggulanginya.

Data menyebutkan bahwa setiap tahunnya hanya 40% penderita katarak yang tertangani hingga terbebas dari kebutaan, sehingga dari tahun ketahun yang 60% akan semakin menumpuk setiap tahunnya. Disamping karena biaya yang cukup besar, pemahaman masyarakat bahwa menderita katarak adalah sebuah kewajaran seiring dengan bertambahnya usia seseoran turut mempengaruhi jumlah tersebut. Hingga di tahun 2016 PWA melakukan MOU dengan Klinik Java Cataract & Refractive Center untuk penanganan katarak. MOU tersebut dilanjutkan dengan TOT untuk penanggulangan katarak yang pesertanya lintas majelis PWA Jatim.

 Selajutnya ditetapkan  4 Pimpinan Daerah ( PDA Kota Surabaya, PDA Sidoarjo, PDA Gresik, dan PDA Lamongn) sebagai pilot projek. Program ini dilajutkan dengan pelatihan kader katarak, setiap cabang diwakili 2 orang kader. Kader katarak ini bertugas untuk menemukan, mendampingi saat operasi katarak samapi mendampingi proses penyembuhan. Sungguh sebuah kegiatan yang sangat mulia.

Pada tanggal 9 Februari 2018 dilaksanakan operasi katarak geratis. Dan sampai saat ini sudah ada 10 pasien katarak  dari Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan yang sudah mendapatkan operasi katarak gratis. Senyum kebahagiaan dari pasien katarak yang mendapatkan penglihatannya kembali, “Alhamdulillah, terima ksih sekali saya bisa membaca Alquran kembali”, ungkapan bahagia dari mereka, adalah pelecut semangat agar program ini terus dilanjutkan. [vita]

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari